Suka Duka Ternak Ikan Cupang

Suka Duka Ternak Ikan Cupang

Mediabogor.id, BOGOR- Madrouf.AR, warga kampung Kupu-kupu RT/RW 04/08, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, salah seorang peternak ikan cupang hias yang sudah mengalami jatuh bangun. Karena, sudah puluhan tahun menggelutinya secara otodidak.

“Selama membudidayakan ikan cupang
tidak meniru sama siapapun. Adapun sangat sulit dari segi pemasaran semisal kalau ikan panen ini bingung untuk menjual nya kembali, namun tidak hanya pemasaran aja tingkat kesulitannya lainnya masih banyak,” kata dia.

“Akan tetapi saya akui, ini mungkin kesalahan dari saya pribadi yang kurang teliti dari segi pembenihan, hingga akhirnya saya terus mencoba dan terus belajar cara budi daya ikan cupang ini hingga akhirnya menemukan warna-warna yang unik dan bagus. Perlu diketahui hasilnya bukan meniru dari orang lain,” kata Madrouf saat di temui Mediabogor.id dilokasi, Minggu (28/6/20).

Banyak orang-orang mengatasnamakan ikan cupang ini ikan Singapura atau jenis lainya, kata dia, dirinya tidak mau nama ikan cupang hasilnya ini harus diberi nama ikan cupang asli Bogor atau ikan cupang Bogor.

“Karena memang asal muasalnya disini dari mulai di budi dayakan, dan hasil indukan hingga pembenihan bibit di Bogor.

Masih kata Madrouf, Keluarnya warna-warni cantik sisit ikan cupang ini, dirinya terus menerus mengindukan satu sama lainnya hingga berbuah benih ikan cupang hias yang sekarang lagi trend di kalangan pecinta ikan tersebut.

Kepada pemerintah daerah bisa dukung (support) orang-orang seperti kami ini, agar terus bertahan dan berkembang sesuai harapan, intinya jujur selain dari dukungan moril butuh juga dukungan modal usaha,” harapnya.

“Ini mah mau minjem aja harus menggunakan anggunan ini itu.

Masih dilokasi yang sama Iman Sofian Ketua RW 08 menambahkan, diwilayahnya ini hampir 70 persen memiliki potensi dari segi budidaya ikan hias hingga pengrajin anyaman bambu semisal membuat kurungan ayam dan lainnya.

“Karena memang usaha yang dilakukan warga nya ini hasil dari warisan budaya turun menurun orang tua mereka dari jaman dahulu.

Harapan yang sama Iman menuturkan, kepada pemerintah daerah bisa turun langsung agar melihat potensi warganya disini, selain memberikan dukungan moril maupun modal usaha bisa membantu untuk pemasaran hasil warganya ini. (Nick)