SMPN 17 Belajar Try Out Pakai Aplikasi Google Classroom

mediabogor.com, Bogor – Siswa SMP Negeri 17 Bogor melakukan ujicoba try out pertengahan semester melalui sistem belajar mengajar di aplikasi Google Classroom. Kepala sekolah SMP Negeri 17 Kota Bogor, Eko Harianto mengatakan, aplikasi Google Classroom ini, merupakan pembelajaran berbasis android bagi siswa dan guru. Pembelajaran melalui Google Classroom ini, dianggap lebih hemat dari sisi waktu dan biaya.

“Aplikasi Google Classroom ini, juga melatih anak disiplin dan kejujuran, sebab soal yang diberikan oleh pihak sekolah diacak sehingga soal setiap murid akan berbeda,” ucapnya saat ditemui di SMP Negeri 17 Kota Bogor, Bogor Selatan, Selasa (8/10/19).

Untuk mencoba aplikasi Google Classroom tersebut, lanjut Eko, sekolah mendata terlebih dahulu siswa yang mempunyai handphone berbasis android. Kemudian dilakukan pendataan soal-soal mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Nasional (UN) diantaranya matematika, IPA, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Selanjutnya di input ke dalam Google Classroom.

“Kita lakukan sosialisasi kepada siswa oleh bagian kurikulum dan memanggil nara sumber dari sekolah lain yang menguasai tentang aplikasi ini. Selanjutnya kita adakan workshop bagi guru-guru yang mengajar di kelas 9 agar mengetahui tentang Google Classroom ini,” jelasnya.

Menurut Eko, sejauh ini baru ada dua SMP Negeri yang melakukan pembelajaran melalui Google Classroom yakni SMP Negeri 17 dan SMP Negeri 13 Kota Bogor.

“Kendalanya mungkin siswa belum familiar dengan ujian melalui Google Classroom ini. Tetapi setelah kita pandu melalui pengawas dan panitia yang telah kita bentuk, kendala itu bisa teratasi,” ujarnya.

Eko menambahkan, tidak semua murid mempunyai handphone berbasis android. Untuk itu, pihaknya menyiapkan laptop milik sekolah untuk dipakai siswa yang tidak memiliki handphone berbasis android.

“Yang perlu kita sikapi adalah penyalahgunaan handphone ini. Karena itu, kita arahkan agar handphone ini digunakan sebaik mungkin dalam rangka menggali ilmu pengetahuan seluas luasnya,” pungkasnya. (*/d)