Semarak Sumpah Pemuda, KNPI Kota Bogor Gelar Aneka Pertandingan Olahraga

mediabogor.com, Bogor – Gebyar Sumpah Pemuda (GSP) ke-91 tingkat Kota Bogor tahun 2019 yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Kota Bogor telah resmi dibuka. GSP yang dibuka langsung oleh Kadispora Kota Bogor, Eko Prabowo dan Kepala Dinas Pendidikan, Fahrudin, akan berlangsung dari mulai hari ini 22 Oktober sampai 10 November 2019.

Ketua DPD KNPI Kota Bogor, Bagus Maulana mengatakan, GSP tahun ini ke 91 KNPI ingin berbeda dari rangkaian acara di tahun tahun sebelumnya. Disamping itu, GSP tahun ini juga merupakan kegiatan terakhir DPD KNPI di periode 2017-2020. “Kita ingin sedikit berbeda, karena di tahun 2020 DPD KNPI akan lebih konsentrasi kepada Musyawarah Daerah (Musda) Kota Bogor untuk memilih kepengurusan terbaru,” kata Bagus.


Adapun rangkaian kegiatan dalam GSP ke 91 yakni pertandingan futsal antar Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan SD, SMP se-Bogor Raya. Basket tingkat SMP dan SMA, Fun Bike, Olahraga Tradisional, Diskusi santai bersama Muspida, Three X Three Basket dan LKBB. Sedangkan jumlah peserta, untuk futsal antara OKP ada 32 tim peserta, sedangkan tingkat SD dan SMP ada 30 tim peserta.

“Melalui kegiatan GSP ke 91, diharapkan menjadi contoh kepada masyarakat untuk memberikan edukasi sebagai pelaksanakan adanya narasi besar yakni Sumpah Pemuda. Indonesia dari tahun 1928 sudah bisa bersatu. Jadi persatuan Indonesia sudah ada dari tahun 1928 yang digagas serta diinisiasi oleh para pemuda dengan membuat narasi besar yaitu Sumpah Pemuda,” tegas Bagus.

Sementara, Kadispora Kota Bogor, Eko Prabowo dilokasi yang sama, menyambut hangat serta mengapresiasi terselenggaranya GSP ke 91 oleh DPD KNPI Kota Bogor. Menurutnya, GSP tahun ini merupakan yang ketiga bagi dirinya selama menduduki pimpinan di Dispora Kota Bogor. Dan setiap tahunnya, selalu ada nilai tambah dan inovasi dari DPD KNPI untuk merekatkan kepemudaan di Kota Bogor.

“Kita di Dispora satu sisi Tut Wuri Handayani dalam mengisi GSP, keinginan pemuda seperti apa dalam naungan KNPI. Kita selalu mendorong dan Alhamdulillah setiap tahun selalu ada nilai tambah. Untuk futsal sendiri memang selalu menjadi andalan kegiatan di kepemudaan dengan tujuan utama saling silaturahmi antar OKP serta banyak juga potensi dan kemunculan atlet atlet dari OKP tersebut,” papar Eko.

Eko menambahkan, disamping itu Kota Bogor memiliki target untuk menjadikan kota layak pemuda. Dan tahun ini di Kota Bogor kepemudaan sudah dinaungi oleh Perda. Oleh karenanya, adanya GSP menjadi salah satu poin yang bernilai bagus untuk meraih sebagai kota layak pemuda.

Namun demikian, masih kata Eko, tentu hal itu tidak bisa diwujudkan oleh Dispora saja jika tanpa adanya kerjasama maupun keaktifan organisasi dari kepemudaan seperti KNPI, karena ada syarat yang harus dipenuhi misal mandiri, aktif, sehat dan sebagainya.

“Pemuda adalah harapan bangsa, pemuda adalah garda terdepan bangsa. Mari kita bersama sama dengan pemuda untuk mewujudkan Kota Bogor menjadi lebih baik kedepan, mewujudkan Indonesia maju dan sejahtera dengan adanya pemuda pemuda yang inovatif, mandiri, kompetitif, sehat dan lainnya,” harapnya. (*/Nick)