Selamat, Yanne Ardian Dinyatakan Lulus Dalam Sidang Tesis IPB University

mediabogor.com, Bogor – Yanne Ardian dinyatakan lulus dalam sidang tesis untuk menyelesaikan pendidikan S2 jurusan Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak, Fakultas Ekologi Manusia IPB University. Dalam Sidang tesis yang di gelar di gedung IKK IPB Dramaga, Senin (16/9/19), Yanne memberi judul Pengaruh interaksi suami istri, interaksi orangtua anak dan interaksi teman sebaya terhadap resiliensi remaja. studi kasus SMA dan SMK di Kota Bogor.

Usai sidang tesis tersebut Yanne menunggu hasil sidang di luar ruangan sambil di temani sang suami yang juga sebagai Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto.”Saya senang bisa menyelesaikan sidang tesis saya yang berjudul pengaruh interaksi suami istri, interaksi orangtuanya anak, interaksi teman sebaya terhadap resiliensi remaja,” ucap Yanne.

Diambilnya penelitian berjudul pengaruh interaksi suami istri, interaksi orangtuanya anak, interaksi teman sebaya terhadap resiliensi remaja, lanjut Yanne, sebab dirinya ingin mengaplikasikannya di Kota Bogor, karena Kota Bogor itu kota yang ramah keluarga dan ramah anak, sehingga nanti anak anaknya memiliki resiliensi yang baik.

“Yang saya teliti memang bagaimana sih sebenarnya pengaruhnya interaksi suami istri, orang tua dan teman sebaya itu terhadap resiliensi. Jadi, kalau kita lihat permasalahan remaja itu banyak dan beragam karena memang masa remaja itu masa yang menyenangkan dan masa yang rentan bagaimana remaja memiliki ketangguhan,” katanya.

Menurutnya, masalah remaja di Kota Bogor sedang menjadi perhatian, sebab ada anak yang coba bunuh diri dan ada anak yang sering tawuran. Dengan demikian dari hasil penelitian nya interaksi orang tua anak dan teman sebaya menjadi perhatian dan nilainya sangat tinggi.

“Jadi kalau orang tua memiliki waktu yang cukup banyak dengan anaknya insha Allah remaja itu memiliki ketangguhan yang baik. Bagaimana anak anak punya teman pergaulan yang baik maka anak tersebut juga akan baik,” ujarnya.

Ia pun berpesan kepada orang tua di Kota Bogor yang punya anak remaja harus lebih di perhatikan lagi kedekatan dan hubungan dengan anaknya. “Tolong di jaga teman sebaya karena teman sebaya anak tersebut berpengaruh kepada ketangguhan anak tersebut,” terangnya.

Sementara itu, pembimbing Yanne Ardian, Tien Herawati menuturkan, tesis ibu Yanne temuan temuannya cukup bagus dan tesisnya itu tidak bisa di diamkan tapi harus di tindaklanjuti, sehingga bisa di sesuaikan dengan program-program yang sesuai bagi remaja, sekolah dan untuk keluarga di Kota Bogor.

“Point pentingnya itu adalah bagaimana keluarga itu bisa komunikasi baik dengan remaja, karena tidak setiap keluarga itu bisa komunikasi baik dengan remaja sehingga menyebabkan remaja itu punya resensi yang rendah dan akhirnya remaja menghadapi masalah,” ungkapnya. (*/Nick)