Ratusan Kendaraan di Kota Bogor Uji Petik Emisi Gas Buang

mediabogor.com, Bogor – Masalah pencemaran udara yang disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor sudah sangat mengkhawatirkan. Dalam hal tersebut Dinas perhubungan (Dishub) Kota Bogor bekerjasama dengan instansi kepolisian, Denpom 3/1 Bogor serta bengkel Honda, Isuzu, Daihatsu, Toyota, Mitsubishi, melaksanakan uji petik emisi gas buang selama 3 hari di mulai dari tanggal 21 – 23 Oktober 2019 di Jalan Semeru, Kecamatan Bogor Barat.

Rudi Partawijaya Kepala seksi (Kasi) KIR Dishub Kota Bogor mengatakan, ada sekitar 700 kendaraan yang dilakukan uji petik emisi. Kendaraan yang diperiksa adalah kendaraan non umum atau mobil pribadi.


“Bahan bakar solar dan bensin. Yang diperiksa itu uji emisi gas buang pada kendaraan. Setelah dilakukan pemeriksaan menggunakan Co/hc tester dan Smoke tester, kendaraan yang lulus uji akan diberikan sticker lulus uji emisi gas buang dari Dishub Kota Bogor,” Kata Rudi, saat ditemui dilokasi, Rabu (23/10/19).

Lanjut Rudi, bagi kendaraan yang tidak lulus, akan diarahkan ke bengkel memperbaiki emisi gas buang nya. “Tujuan dilakukan uji emisi gas buang untuk mengurangi pencemaran lingkungan hidup karena emisi gas buang serta mendukung program pemerintah terkait pengembangan transportasi ramah lingkungan di Kota Bogor,” imbuhnya. (*/Nick)