Piala Dunia U-20 Sudah Dekat, Pengamat: Beri Shin Tae-yong Kepercayaan

Piala Dunia U-20 Sudah Dekat, Pengamat: Beri Shin Tae-yong Kepercayaan

Mediabogor.com, BOGOR – Kursi kepelatihan Shin Tae-yong seolah sedang digoyang di saat Indonesia bersiap ke Piala Dunia U-20 2021. Shin harusnya diberi kepercayaan penuh.

Shin mendapat serangan dari Indra Sjafri dan Satgas Timnas. Hal itu dipicu dari komentar Shin ke media Korea Selatan yang menceritakan kegundahan hatinya terhadap situasi di PSSI.

Indra selaku direktur teknik malah menuduh Shin merekayasa cerita. Syarif Bastaman selaku ketua Satgas Timnas malah mengancam bakal memecat Shin jika tak segera kembali ke Indonesia.

Hantaman kepada Shin juga datang dari Ketua Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI), Yeyen Tumena. Dia menilai bahwa pelatih asal Korea Selatan itu yang mendepak Danurwindo dari kursi direktur teknik dan dianggap suka meremehkan pemain Indonesia.

Polemik ini tentu sangat disayangkan mengingat Indonesia tahun depan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Shin ditargetkan mampu membawa Garuda Muda ke perempatfinal.

Pengamat sepakbola, Mohamad Kusnaeni, mengingatkan bahwa kegaduhan harus segera diakhiri. PSSI dan Shin harus terus fokus ke persiapan Piala Dunia U-20.

“Shin Tae-Yong fokus di Timnas U-19 untuk Piala Dunia U-20 tahun depan. Di Timnas senior dan U-16 cukup jadi konsultan atau penasihat. Senior biar dipegang Rahmad Darmawan,” kata Kusnaeni kepada detikSport.

“Piala Dunia U-20 cuma setahun lagi. Persiapan kita masih seperti begini. Mengkhawatirkan, tidak meyakinkan,” sambungnya.

Kusnaeni menyebut bahwa yang diucapkan Shin terkait pemain Indonesia adalah masalah mendasar. Dia berharap Shin dapat diberi kebebasan untuk memoles tim.

“Sementara STY menganggap masalah pemain Timnas U-19 kita sekarang sangat mendasar: kondisi fisik. Jadi, beri keleluasaan dia memoles Timnas U-19 dengan metoda dia,” ungkap pria yang pernah menjabat sebagai Ketua I Bidang Organisasi dan Pembinaan BOPI.

“Mau programnya apa, latihan di mana, uji coba lawan siapa, terserah dia. Kasih kesempatan penuh supaya hasilnya juga bisa dipertanggungjawabkan.”

“Presiden, kan, sudah support penuh. Kemenpora juga. Jangan sampai kita menanggung malu di Piala Dunia U-20 nanti,” Kusnaeni menegaskan.

Sumber : detik.com