Perubahan oleh Mahasiswa Ala Rasulullah SAW

mediabogor.com, Bogor – Perubahan reformasi oleh mahasiswa tahun 1998 lalu. Bisa jadi menjadi inspirasi gerakan mahasiswa yang berdemonstrasi di depan gedung DPR Jakarta dan beberapa daerah lainnya beberapa waktu lalu. Kami yang sudah bukan mahasiswa lagi mengapresiasi pergerakan mahasiswa yang sudah lama tidak terdengar aksinya. Bahkan sudah lama kami menantikan kepedulian mahasiswa terhadap nasib bangsa dan negara ini.

Alhamdulillah, hasil demonstrasi membuahkan hasil. Walaupun masih berupa respon penundaan terhadap RUU KPK. Namun akibat yang tidak bisa dihindari berupa korban jiwa yang berjatuhan dan korban luka-luka yang tidak sedikit akibat bentrokan dengan aparat. Semoga tidak menyurutkan semangat para mahasiswa untuk terus berjuang melakukan perubahan.

Semoga yang meninggal dalam keadaan khusnul khotimah Allah SWT menempatkannya di tempat terbaik. Dan yang masih menjalani penyembuhan luka-luka semoga segera sehat kembali. Begitulah memang lazimnya perjuangan perlu keberanian tinggi dan tidak takut mati. Allah SWT memuliakan orang yang mati dalam jihad fisabilillah dengan mati syahid dan menjaminnya masuk surga.

RUU KPK yang isinya melemahkan peran KPK selama ini memang harus di tolak. Hal itu akan membuat bebas para pejabat negara melakukan korupsi. Innalillahi wa inailahi rajiun. Seandainya negara ini berasakan Islam tentunya RUU semacam itu tidak akan muncul karena setiap UU nya akan lahir berasakan islam.

RUU KPK lahir karena hasil dari sistem negara ini yang condong pada kapitalisme sekuler sehingg UU yang dibuat selalu pro pada kapitalis. UU dibuat untuk melindungi kepentingan para kapitalis. Baik dalam hal bisnis maupun pejabat yang berkolaborasi dan bersinergi dengan para kapital. Dan jika selama sistemnya berasaskan itu maka selama-lamanya UU yang lahir tidak akan bernilai keberkahan.

Rasulullah SAW saat hijrah ke madinah melakukan perubahan ke pada islam. Sistem negara di madinah dirubah menjadi sistem islam. Kota itu yang sebelumnya bernama Yastrib berubah menjadi Madinah atau kota nabi. Perubahan yang dilakuakn Rasulullah itu, insyaallah sangat relevan untuk dilakuakan dalam meniti perubahan untuk bangsa dan negara ini.

Sistem demokrasi yang berasaskan pada 4 pilar kebebasan dalam membuat aturan dan perundangan itulah yang menjadi kesalahan dan permasalahannya. Hal itulah yang tidak relevan dengan Islam. Dalam Islam jaminan kebebasan oleh negara itu saat setiap umatnya bebas menjalankan kebaikan dan mencegah kemunkaran.

Waktu terus berubah, begitupun manusia akan berubah dengan pola pikirnya seiring dengan mahami hakikat hidupnya sebagai seorang muslim. Seorang Muslim yang dicintai Allah SWT selalu hidup dengan optimis melakuakn perubahan ke arah yang lebih baik. Insyaallah Indonesia kelak akan berubah dengan perubahan yang penuh berkah dengan dukungan para mahasiswa diseluruh Nusantara. Perubahan ala Rasulullah saw. (Deni Heryani)