Perayaan Valentine, Devie P Sutani : Harus Bijak Menyaring Budaya Asing

Perayaan Valentine, Devie P Sutani : Harus Bijak Menyaring Budaya Asing

Mediabogor.id, BOGOR- Devie P Sutani salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor dari Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) angkat bicara terkait fenomena Valintine Day yang kerap ikut trend dalam perayaan di setiap tanggal 14 Februari ini.

“Saya tangkap dari perayaan hari Valentine adalah tentang kasih sayang. Budaya ini diperkenalkan oleh kalangan barat,” ungkap legislator yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesehatan dan Pendidikan) kepada Mediabogor.co.id, Jumat (14/02/2020).

Ia mengatakan, sebagai bangsa Indonesia yang memiliki adab ketimuran harus pula bijak menyaring budaya-budaya asing yang masuk ke negeri kita.

“Jika perayaan Valentine diwujudkan dengan adab ketimuran kita tentu akan positive saja,” ujarnya.

Seperti misalnya DPS mencontohkan, secara Valentine itu diacarakan dengan melibatkan para orangtua keluarga dan sahabat untuk saling berbagi dan mengungkapkan rasa sayang mereka dengan perbuatan yang diterima dengan adab ketimuran.

Banyak modelnya yang bisa digagas lanjut DPS, namun tentunya bila ada sedikit banyak menabrak adab ketimuran maka dapat menimbulkan perdebatan bahkan bisa saja terjadi penolakan-penolakan.

“Jadi sebenarnya menurut saya sah-sah saja kembali kepada diri kita masing-masing dalam menyikapi nya,” imbuhnya. (Nick)