Pemkot Banjar Bentuk Saber Pungli 

Pemkot Banjar Bentuk Saber Pungli

 


Mediabogor.com, BANJAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar, Jawa Barat  menggelar sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar atau Saber Pungli diadakan di Aula Setda Kota Banjar. Hal ini dilakukan, untuk menyamakan persepsi dalam pelayanan publik.

 

Wakil Walikota Banjar Nana Suryana mengatakan, latar belakang dibentuknya saber pungli  ini dimana tindakan pungli sudah membudaya, sudah akut, sehingga merusak sendi – sendi kehidupan. Dan budaya – budaya seperti itu harus mulai dikikis.

 

“Dibentuknya saber pungli ini, sesuai dengan Peraturan Presiden No 87 tahun 2016, tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar yang memiliki fungsi intelegent, pencegahan, penindakan dan diskusi,” ujarnya, Selasa (03/12/2019)

 

Kata dia, dari Peraturan Presiden no 87 tahun 2016 ini lahir Peraturan Walikota atau Perwal no 700, dimana tujuannya tetap sama yaitu untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan melayani.

 

“Kejadian – kejadian pungutan liar itu terjadi disela – sela layanan publik,” kata dia.

 

“Diharapkan dengan adanya team Saber Pungli ini dapat meminimalisir, syukur – syukur sampai bisa berhenti sesuai target pemerintah pusa, bahwa kita ingin menciptakan pemerintah yang bersih dan melayani,” jelasnya.

 

Sementara di Kota Banjar di tahun 2019 terjadi 2 kasus OTT telah dilaksanakan, dan hasilnya telah dikembalikan ke pimpinan masing – masing untuk dilakukan pembinaan.

 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Saber Pungli Kota Banjar Kompol Ade Najmulloh menjelaskan, bukan hanya melakukan tindakan – tindakan hukum, tapi juga mencegah supaya tidak terjadi tindakan pungli.

 

” Dengan adanya Saber Pungli ini diharapkan kita bisa hidup bebas dan tidak ada lagi pungutan – pungutan liar yang tidak punya dasar dan membebani masyarakat, ” ujar Kompol Ade Najmulloh. (Ucp)