Pawai Muharram 1441 H, Ribuan Umat Islam Bogor Kibarkan Panji Rosulullah

mediabogor.com, Bogor – Memeriahkan kemuliaan dan keistimewaan bulan Muharram, ribuan massa dari Aliansi Masyarakat Pecinta Tauhid dan Majelis Halawatul Iman mengadakan pawai Muharram dengan membawa panji tauhid keliling Kota Bogor, Minggu (22/9/19) pagi.

Adapun rute yang dilalui peserta pawai Muharram yang melakukan konvoi dengan sepeda motor dimulai dari alun-alun Masjid Empang sebagai titik kumpul kemudian menyusuri Jalan Pahlawan-NV Sidik-Jalan Siliwangi-Jalan Pajajaran-Jalan Otista-BTM- dan kembali ke Masjid Empang. Sedangkan yang melakukan longmarch (jalan kaki) dimulai dari Masjid Raya – Tugu Kujang – Otista – Finish di Masjid Agung Empang.

Sutono, selaku koordinator acara menjelaskan, alasan menggelar pawai dalam memeriahkan Muharram ini, karena Muharram adalah momentumnya hijrah atau yang menjadi momentum perubahan. Dan perubahan terbaik adalah dengan Islam. Adapun panji tauhid adalah panji Rasulullah Saw yang menjadi milik umat Islam.

“Momentum Muharram sebagai bulan kemuliaan dan keutamaan menjadi pas untuk mengembalikan dan mengingatkan panji Rasulullah Saw ini,” ucapnya.

Ia menambahkan, ada beberapa pesan yang ingin disampaikan lewat aksi ini, yaitu pertama, Muharram saatnya hijrah menuju Islam Kaffah. Kedua, saatnya hijrah menuju Indonesia yang lebih baik. Ketiga, bendera tauhid adalah panji Rasulullah Saw, panjinya seluruh kaum muslimin di seluruh dunia.

Selain menggelar aksi pawai, dilangsungkan juga acara kajian dhuha di Mesjid Agung Ath-Thohiriyah Empang, dengan menghadirkan pembicara KH. Muhyiddin Junaedi (Ketua MUI Pusat Bidang Hubungan Luar Negeri), KH. Ahmad Afif (Ulama & Sesepuh Empang), Habib Ahmad Al-Munawar, Lc (Pimp MT Syifa Lilmu’minin Atthohirin Ciawi), Kyai Muhibuddin, SHI (Pembina MHI). (*/d)