Logo 100% Bogor Pisan Bakal Kuatkan Identitas Produk Asli Kota Bogor

mediabogor.com, Bogor – Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor akan meluncurkan logo 100% Bogor Pisan. Logo tersebut dihadirkan untuk menguatkan identitas produk asli Kota Bogor. Ide ini, diinisiasi oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang langsung dieksekusi oleh Disperindag Kota Bogor.

Kadisperindag Kota Bogor, Ganjar Gunawan mengatakan, rencana peluncuran logo 100% Bogor Pisan sudah diamanatkan melalui Surat Keputusan Wali Kota Bogor.


“Ada sebuah gebrakan baru dan ini bukan spesifik dari Disperindag tapi ini political will dari pimpinan yakni Wali Kota Bogor yang kemudian difasilitasi oleh Disperindak dan OPD lain,” ucapnya Jumat (14/6/19).

Ganjar menjelaskan, bahwa SK Wali Kota tentang logo 100% Bogor Pisan merupakan turunan dari Peraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI. Tujuannya adalah untuk meningkatkan konsumsi produk lokal dan penguatan produk lokal.

“Jadi, kita punya dasar peraturan Menteri Perdagangan No 47 tahun 2016 tentang peningkatan pengguna produk dalam negeri atau yang diseput P3DN yaitu Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri. Permendag ini, mengamanatkan pemerintah untuk meningkatkan konsumsi produk lokal termasuk produk UKM,” katanya.

Logo yang akan dilaunching pada 17 Juni mendatang itu, digadang-gadang bisa meningkatkan perekonomian warga dan penguatan identitas UKM asli Bogor.

“Jadi, selama ini banyak UKM Bogor yang sudah publis di toko modern dan swalayan. Contoh ada brownies buatan UKM Kota Bogor yang sudah ada 18 trasmart. Itu produk industri rumahan dari Bogor,” bebernya.

Ganjar berharap dengan dilaunchingnya logo tersebut bisa lebih menguatkan identitas produk asli Bogor untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendukung peningkatan konsumsi produk lokal. (*/Nick)