Jumlah Pasien Kanker di RSUD Kota Bogor Cukup Tinggi

Jumlah Pasien Kanker di RSUD Kota Bogor Cukup Tinggi

Mediabogor.id, BOGOR- Sebanyak 287 pasien pengidap kanker yang berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Sedangkan, yang menjalani rawat jalan pada tahun 2019 mencapai 1840 orang.

“Untuk pasien rawat jalan pada tahun 2020 sampai bulan Februari sudah 717 orang,” ungkap Direktur Utama (Dirut) RSUD Kota Bogor Ilham Chaidir, usai audensi dengan Yayasan Kanker Indonesia di Balaikota Bogor, Jumat (21/2/20).

Ilham mengatakan, dilihat dari data pasien kanker yang mayoritas berobat ke RSUD adalah kanker payudara. ” iya, Data kanker yang paling banyak itu kanker payudara,” katanya.

Ilham menuturkan, RSUD Kota Bogor sudah mampu melakukan pengobatan dengan metode kemoterapi. Pada tahun 2019 ada 650 orang dan pada tahun 2020 itu ada 210 orang.

“Kedepan harus berpikir bagaimana membantu Pemkot Bogor supaya memilik pusat onkologi. Kita harus meretas kearah sana agar menolong masyarakat Kota Bogor, karena pengidap penyakit kanker rata rata masyarakat menengah kebawah,” jelasnya.

Ia berharap masyarakat Bogor jangan sampai ada yang mengidap penyakit kanker, karena penyakit dengeneratif sangat mahal pengobatannya.

“data yang saya terima dari 3 ribu orang yang kena penyakit kanker 2 ribu orang meninggal dunia, jadi penyakit kanker itu pembunuh nomor dua di dunia,” pungkasnya. (Nick)