Istri Nabi Itu Bercadar

mediabogor.com, Bogor – Fachrul Razi dalam kepemimpinan barunya sebagai Menteri Agama (Menag) telah membuat pernyataan yang membuat gaduh dikalangan umat islam. Belum lama ini beliau mengungkapkan bahwa akan ada rencana pelarangan cadar di instansi pemerintah demi alasan keamanan.

Kasus penusukan wiranto beberapa waktu lalu yang dilakukan oleh pria bercelana cingkrang dan wanita bercadar menjadi alasan kuat pelarangan untuk pelarangan dengan busana seperti itu. Padahal busana seperti itu adalah busana muslim yang sudah lazim di masyarakat. Walaupun saya seorang muslimah yang tidak bercadar tapi saya dibuat sedih karena cadar itu dikenakan oleh istri Rasulullah SAW untuk memuliakan mereka.


Jika ada orang bercadar yang salah, jangan salahkan cadarnya tapi salahkan orangnya. Banyak ulama berpendapat bahwa perintah kewajiban bercadar khusus untuk istri nabi (QS.alahzab: 53). Namun jika kini ada muslimah yang mengenakan cadar sebagai cara untuk menjaga diri dan mengikuti kebiasaan orang-orang yang dicintai Allah SWT sebaiknya diapresiasi bukan dilarang.
Ulasan tentang cadar ada pembahasan khusus oleh para ulama. Dan itu adalah bagian dari ajaran Islam.

MasyaAllah begitu sempurna ajaran Islam dari sang Khaliq. Namun sayangnya ketika Menag membahas cadar malah berwacana untuk melarangnya, padahal istri-istri Nabi dan muslimah lainnya mengenakan cadar untuk menambah kesucian. Semoga ini hanya sekedar wacana. Sesungguhnya masih banyak lagi ajaran Islam yang perlu diwacanakan dan diterapkan dalam kemenag dan negara. Khilafah ajaran Islam pun mohon tidak diwacanakan untuk dilarang karena khilafah kelak insyaallah yang akan membawa bangsa ini kuat dan maju.

 

Deni Heryani