Gunakan Bongsang, STP MI Khoiru Ummah Bogor Bagikan Daging Kurban Pada Warga

mediabogor.com, Bogor – TK Khoiru Ummah membagikan 430 daging kurban kepada masyarakat sekitar warga sekolah. Pemotongan hewan kurban sekaligus penyaluran daging kurban dilakukan di saung Khoiru Ummah, Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Selasa (13/8/2019).

Kepala sekolah Khoiru Ummah, Amiruddin Sujadi menjelaskan, tahun ini, Khoiru Ummah berkurban satu ekor sapi dan 21 kambing. Daging hewan yang dikurbankan itu, akan disebarkan ke warga sekitar sebanyak 250 paket dan untuk anak-anak dan guru sebanyak 180 paket.


“Ini merupakan agenda tahunan yang sudah rutin kita laksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama. Prioritasnya kita bagikan kepada warga sekitar dan juga kepada anak-anak di sekolah. Alhamdulillah dapat respon positif dari orangtua dan antusias anak-anak untuk ingin berbagi juga cukup tinggi,” ucapnya.

Tak hanya mendapat daging kurban, lanjut Amiruddin, diperlombakan juga bakar sate oleh anak-anak penerima daging kurban. Yang hasilnya nanti dicicipi bersama sama dengan para guru dan orangtua murid.

“Kurban ini, lebih spesifik merupakan bagian dari sebuah syiar yang memiliki nilai pendidikan yang cukup kental. Bagaimana menunjukkan kecintaan kita kepada Allah SWT dan bagaimana menunjukkan kepedulian kita kepada masyarakat. Karena itu, setiap ada peluang-peluang amal kita selalu mendorong anak-anak untuk ikut dalam mencintai amal saleh dan ikut dalam mensemarakkan syiar-syiar agama yang diperintahkan Allah SWT,” terangnya.

Masih kata Amiruddin, sesuai imbauan pemerintah, pihak sekolah menggunakan bongsang dari anyaman bambu sebagai pembungkus daging kurban.

“Tahun lalu sudah kita mulai karena ini bagian dari dukungan kita terhadap program pemerintah untuk mengurangi plastik. Sekarang ini, di mana-mana persoalan sampah plastik sudah cukup memprihatinkan. Karena itu, kita gunakan bongsang. Lebih sehat dan ramah lingkungan,” jelasnya. (d)