Cegah Covid 19, Damkar Kota Bogor Semprot Jalan Protokol dengan Disinfektan

Cegah Covid 19, Damkar Kota Bogor Semprot Jalan Protokol dengan Disinfektan

Mediabogor.id, BOGOR- Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor lakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik wilayah di Kota Bogor, diantaranya dilokasi Pasar Tradisional (Pasar Anyar), Jalan MA Salmun dan Dewi Sartika, Bogor Tengah. Hal ini dilakukan, untuk mencegah penyebaran covid 19.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kota Bogor, Marse Hendra Saputra mengatakan, penyemprotan secara massal ini berdasarkan perintah Gugus Tugas Covid-19 dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Bogor.

“Penyemprotan ini kita lakukan bertahap, karena kalau seluruh Kota Bogor kita semprot hari ini tidak mungkin selesai ditambah lagi bahannya juga terbatas. Hari ini ada 7 titik yang kita semprot, yaitu Jalan MA Salmun, Mayor Oking, Kapten Muslihat, Dewi Sartika, Sawojajar, Suryakencana dan terakhir di Jalan Siliwangi,” kata Marse di lokasi penyemprotan, Selasa (24/3/20).

Dia menuturkan, giat penyemprotan ini pihaknya menerjunkan personil sekitar 15 orang dengan tiga armada pemadam kebakaran. “Dengan tiga armada itu bahan cairan disinfektan yang kita gunakan sekitar 15 ribu liter,” katanya.

Bahan disinfektan yang disemprotkannya itu, kata Marse, merupakan hasil dari racikan sendiri dan berdasarkan arahan serta perintah Damkar DKI Jakarta. “Jadi kita pedomannya atau protap yang digunakan oleh teman-teman damkar DKI Jakarta, dan ini digunakan juga oleh hampir seluruh damkar di Indonesia,” jelasnya.

Dia menambahkan, penyemprotan ini akan dilakukan tiga hari sekali. Hal itu, karena bahan disinfektannya terbatas. Sedangkan jalur atau titik-titiknya akan dilakukan di jalan-jalan protokol, seperti Jalan Abdullah Bin Nuh, Soleh Iskandar sampai Jalan Pajajaran.

Bukan itu saja, Damkar Kota Bogor juga siap membantu melakukan penyemprotan di lingkungan masyarakat, baik di komplek-komplek atau pun di perumahan, asalkan berkomunikasi terlebih dahulu dengan damkar, supaya tidak berbenturan dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh Gugus Tugas Covid-19 Kota Bogor.

“Artinya akan kami layani setelah pelaksanaan atau diselang kami tidak melaksanakan Gugus Tugas Covid-19, maka kami akan melaksanakan penyemprotan dikawasan komplek-komplek yang di minta oleh warga. Hanya catatannya karena keterbatasan bahan-bahan, mungkin bisa dari pengurus untuk menyiapkan bahan-bahan disinfektannya dan kami siap untuk unit dan personilnya,” imbuhnya. (Nick)