942 Pelanggaran Pemilu Tahun 2019 di Jabar

942 Pelanggaran Pemilu Tahun 2019 di Jabar

 


Mediabogor.com, BOGOR – Sebanyak 942 pelanggaran saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 di Jawa Barat. Hal itu diungkapkan, Kordinator Bidang (Kobid) Hukum data dan Informasi, Bawaslu Jawa Barat, Yusuf Kurniawan, saat diskusi dan evaluasi bersama rekan media di Cicon Resort Jalan Tumenggung Wiradireja No. 216, Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

 

“Kalau yang berdasarkan temuan kita itu ada 620, dan 326 itu laporan dari luar, ditotal sekitar 942 pelanggaran,” katanya kepada wartawan dilokasi acara,(5/12/2019).

 

Ia mengatakan, dari total 942 pelanggaran itu diantaranya 620 temuan tim Bawaslu dari seluruh Kota dan Kabupaten di Jawa Barat, dan 326 laporan dari masyarakat atau peserta pemilu.

 

Kata dia,  pelanggaran itu ada yang diproses langsung oleh Bawaslu kabupaten/kota dan ada juga dari Jabar. Namun, ada juga yang diproses di Mahkamah Konstitusi (MK), tapi semuanya bisa diselesaikan dengan baik.

 

“Sejauh ini pelanggaran terbanyak itu adalah politik uang yang dilakukan oleh tim pemenangan peserta pemilu saat mengikuti pemilu tahun 2019 ini, ada juga terkait keterlibatan birokrasi dan kepala desa,” ujarnya.

 

Selain itu, kata dia, masalah kekurangan atau problem di KPU maupun Bawaslu, seperti keterbatasan menyangkut soal akses publik tingkat lokal baik DPRD kota atau kabupaten serta provinsi. (Ayt)